BUKU DAN RAK IAIN SURAKARTA




BUKU DAN RAK MUNG'IL
Oleh: Muhamad Taufik Kustiawan 



23 Desember 2015 Ukm Dinamika Iain Surakarta meluncurkan gagasan ide yang menarik agar mahasiswa senang dengan literasi. realisasi karya ini tercapai dengan adanya rak-rak buku munggil disudut-sudut fakultas kampus Iain Surakarta. Progam rak buku ini menjadi ikhtiar ukm dinamika untuk menghidupkan kultur akademik membaca dikampus ujar Aziz Masruri selaku ketua Ukm Dinamika. prosedur rak buku ini membaca ditempat yang tersedia, ataupun drop one, take one agar mahasiswa dapat saling bertukar buku dengan media rak mungil tersebut.
 Berbuku menjadi salah satu acuan untuk pengembangan intelektual dikampus. Ini mengingatkan saya kepada kisah seorang demonstran kutu buku dalam film yang disutradarai Rini Riza dan dibintangi Nicholas Saputra, Soe Hok Gie (2015) Soe yang selalu kemana-mana gemar membawa dan membaca buku,dan juga Soe pernah menentang pendapat gurunya yang ia anggap salah dalam penyampaian materi sejarah, sehingga menimbulkan pergulatan intelektual antara guru dan murid. Pemberontakannya itu dianggap salah dan dihukum dengan nilai ujiannya dikurangi oleh gurunya. Pemberontakan seperti yang dilakukan Soe sekarang mungkin tidak akan kembali kita temukan dikelas, mahasiswa dikelas hanya mendengarkan ceramah dari dosen, ngantuk, ngobrol atau mungkin selfy, tidak ada bacaan buku yang didiskusikan untuk melahirkan pemberontakan meskipun dosen sudah menyuruh membaca terkadang.
Arus globalisasi membuat mahasiswa serba pragmatis, media massa menjadikan serba instan dalam membuat kultur akademis mahasiswa yang menggunakannya sebagai untuk pengolahan sumber referensi tugas mata kuliah. Buku menjadi multifungsi ketika hanya mahasiswa dihadapkan dengan tugas, terpaksa membaca, terpaksa meminjam, bahkan sedikit sekali mahasiswa membeli. Kurangnya pembacaan mahasiswa terhadap buku semakin menambah rendahnya minat baca masyarakat indonesia. Koran online sindonews, (06/02/2016) mengungkapkan bahwa bangsa indonesia mengalami krisis membaca, minat membaca masyarakat indonesia hanya 0,049 %, ini menunjukan bahwa masyarakat indonesia sangat kurang bercinta, berteman dengan buku.
 Mengutip esay M. Fauzi Sukri dalam obrolan dinamika (10/10/2015) mengutip puisi garapan Joko Punirbo berjudul Surat Malam Untuk Paska, Membaca itu “memecahkan diri bersama kata menjadi tetes air hujan tak terhingga banyaknya :

Masa kecil kau rayakan dengan membaca
Kepalamu berambut kata-kata
Pernah kau bertanya:”kenapa waktumu kausia-siakan dengan membaca?”
Kau jawab ringan :”karena aku ingin belajar membaca sebutir kata yang memecahkan diri
Menjadi tetes air hujan yang tak terhingga banyaknya.”
Kau memang suka menyimak hujan ,
 bahkan dalam kepalamu ada hujan yang merancau sepanjang malam..
Sebetulnya aku lebih senang kau tidur di tempat yang bersih dan tenang.
Tapi kau lebih suka tidur diantara buku,
berkas-berkas yang berantakan seakan mereka mau bicara:
“Bukan kau yang membaca kami, tapi kami yang membaca kau.”
Kau pun pulas. Seperti halaman buku yang luas.
Dalam kepalamu ada air terjun, sungai deras ditengah hutan.
Aku gelisah saja sepanjang malam
 Mudah terganggu suara hujan.

Kejujuran
Rak muncil memposisikan dirinya terbuka dikhalayak umum, dengan berisi buku-buku yang sudah sedikit disediakan menjadi bentuk rasa kejujuran bersama. Saya mengamati secara empiris perkembangan buku dan kondisi rak dalam sudut Fakultas, akan tetapi tinjauan saya menjadi negatif dan berstigma buruk pada Fakultas Syariah.
 Buku-buku yang dihadirkan untuk mengajak mahasiswa gergulat dengan kata, bukan menambah banyak seperti fakultas lain, melainkan hilang dari rumahnya (rak), bahkan rumahnya pun menjadi multifungsi sebagai ganjal pintu Fakultas (bisa ditenggok di Fakultas Syariah). usaha ini seharusnya diperhatikan oleh Rektor,dekan, dosen, birokrat akademik dan mahasiswa fakultas untuk ikut andil dalam menumbuhkan budaya literasi, bukan memposisikan diri untuk tidak bergulat dan bersifat acuh. Kedengarannya memang hal kecil dan sepele bentuknya, bukan berarti kecil pula manfaat dan harapan yang ada dalam dirinya.


Postingan populer dari blog ini

MAKNA PAKAIAN

Rapat Kerja UKM Dinamika