Profil eL-PM DINAMIKA





A.    Profil UKM eL-PM DINAMIKA
UKM eL-PM Dinamika IAIN Surakarta berdiri dengan keputusan Rektor nomor 8029/PT.03.H/0/1991 tanggal 22 Oktober 2003. Pendirian UKM ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan suatu wadah yang mampu menampung aktualisasi mahasiswa dalam bidang karya tulis ilmiah dan penelitian. Kebutuhan ini dirasa penting karena dunia mahasiswa memang dituntut menggali ilmu-ilmu dan mampu pula membuat sebuah tulisan yang mampu dipahami oleh masyarakat luas.
UKM eL-PM Dinamika bergerak dalam bidang minat dan bakat mahasiswa terutama bidang karya tulis ilmiah dan penelitian. Karya tulis ilmiah dan penelitian pada dasarnnya membuka ruang pengetahuan. Pengetahuan pada hakikatnya meliputi semua yang diketahui oleh seseorang tentang obyek tertentu. Seseorang mengetahui apa yang dimaksud dengan dosa, mengetahui apa yang baik dan yang buruk dan lain sebagainya adalah sebuah pengetahuan, akan tetapi hanya sebatas pengetahuan yang berasal dari pengalaman. Sedangkan peningkatan kualitas adalah kebutuhan, maka untuk mewujudkan kebutuhan tersebut perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas pendidikan dan professionalisme tenaga kependidikan yang tidak sederhana karena kegiatan tersebut melibatkan berbagai pihak yang terkait didalam proses pendidikan, fasilitas memadai, dan perencanaan yang matang.
Tentunya akan lebih banyak lagi jenis pekerjaan yang membutuhkan tenaga ahli yang memiliki pengetahuan dan keahlian tertentu. Keahlian tersebut tidak akan berkembang apabila tidak ditunjang dengan adanya kegiatan-kegiatan penelitian. Banyak sekali rahasia keagungan ciptaan Allah yang telah diungkap oleh manusia sehingga dapat bermanfaat di dalam kehidupan. Namun karena banyak dan beragamnya kebutuhan manusia, manusia justru senantiasa menimbulkan berbagai permasalahan di dalam kehidupan ini.
Namun kenyataan berbeda dengan segala tuntutan zaman. Manusia dengan pemikiran dan penelitian itulah, akhirnya dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi dengan sebuah “kebenaran”. Mereka menempuh usaha dengan berbagai cara, baik secara ilmiah ataupun non ilmiah. Sebagai lembaga penelitian, UKM      eL-PM Dinamika dituntut untk bisa melakukan kajian ilmiah dalam rangka untuk membuka wacana demi pengembangan intelektualitas seorang mahasiswa yang mengejawantahkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Berangkat dari kesadaran tersebut, maka orientasi kerja yang dibangun haruslah berlandaskan kaidah-kaidah dan prosedur karya ilmiah. Hal ini sesuai dangan cirri khas dunia kemahasiswaan yang bertumpu pada rasional ilmiah. Sekaligus dapat di pertanggungjawabkan secara etis moral baik kepada masyarakat kampus ataupun kehidupan sosial serta kepada Tuhan yang telah menciptakannya.
B.     Visi, Misi Dan Tujuan UKM eL-PM DINAMIKA
VISI
1.      Terwujudnya suasana ilmiah di lingkungan IAIN Surakarta
2.      Terwujudnya UKM eL-PM DINAMIKA sebagai UKM IAIN Surakarta dalam menyumbangkan pemikiran dan karya ilmiah yang kompeten.
MISI
1.      Mencetak kader UKM eL-PM DINAMIKA yang kompeten dan professional dibidangnya
2.      Mewujudkan konsistensi di UKM eL-PM DINAMIKA demi terbentuknya suasana ilmiah melalui kegiatan ilmiah di lingkungan IAIN Surakarta
3.      Membangun kreatifitas dalam berkarya yang kompetitif
TUJUAN
1.      Mewadahi minat mahasiswa dibidang penalaran ilmiah dan riset
2.      Mewujudkan unit kegiatan yang ilmiah, dinamis, dan berlandaskan pada nilai-nilai religi serta jiwa kepemimpinan
3.      Meningkatkan kontribusi mahasiswa dalam bidang penalaran dan riset baik dalam skala lokal, regional, nasional maupun internasional.




C.    Struktur Pengurus
STRUKTUR PENGURUS UKM eL-PM DINAMIKA
PERIODE 2013-2014
1.      Dr. Imam Sukardi, M. Ag       (Rektor IAIN Surakarta)        : Pelindung
2.      Drs. Yusuf Rohmadi, M.Hum (Warek III)                             : Penasehat
3.      Zainul Abas, M. Ag (Dir. Lembaga Penjaminan Mutu)         : Pembina
1.
Musta’in. R
Pimpinan Umum
2.
Tri Lestari
Sekretaris
3.
Rofi’ah Nur R.
Bendahara
Devisi-Devisi



A
Devisi Penelitian
C
Devisi Keilmuan
1
Hidayanti
Ketua

Rafi’atun
Ketua
2
Alfi Azizah
Sekretaris

Ririn. S
Sekretaris

1.    Fajria Hidayati
Co. Kualitatif

Habib Musoffa
Anggota

2.      Ahmad Khandiyas
Anggota

Imam Cholid
Anggota

3.      Khusnul Hidayanti
Anggota

An-Marisa A
Anggota

4.      Anna Muthoharoh
Anggota




1.      Eko Sri Waluyo
Co. Kwantitatif




2.      Ahmad Fathoni
Anggota




3.      Laili Maria Sofa
Anggota




4.      Dwi Arfiyani
Anggota








B
Devisi Kaderisasi

D
Devisi Jaringan
1
Ismi Nur Hidayati
Ketua 

Rudi Istanto
Ketua
2
Ika Apriliani
Sekretaris

Ayu N
Sekretaris
3
Abdul Aziz Masyruri
Anggota

Himmatul A
Anggota
4
Sofia
Anggota

Ah. Habib
Anggota
5
Sri Hartini
Anggota

Taufiq Rohmat
Anggota






Postingan populer dari blog ini

MAKNA PAKAIAN

Resensi Buku Dari Membela Tuhan, Ke Membela Manusia karya Dr. Aksin Wijaya

PANDUAN FESTIVAL ILMIAH; LKTI DAN PENELITIAN MAHASISWA